Home » , » 10 Tips Merapikan MAC anda

10 Tips Merapikan MAC anda

Written By Unknown on 2012/09/25 | 18.48


Setiap orang memiliki cara yang berbeda dalam mengatur susunan dokumen di Mac. Seseorang bisa sangat rapi dalam mengatur isi kamarnya, tetapi tidak demikian dengan desktop Mac miliknya. File bertebaran di desktop, penamaan file yang tidak masuk akal, dan penumpukan file-file yang sudah tidak dibutuhkan lagi berbulan-bulan. Hal-hal tersebut, apabila dibiarkan, sering membuat pemilik Mac merasa kesal dengan ketidakaturan yang dihasilkan.


Memiliki sebuah Mac dengan isi yang tersusun dengan rapi belum tentu bisa membantu menyelesaikan tugas dengan cepat. Namun, memiliki sebuah Mac yang tertata rapi dapat menjadikan pengalaman menggunakan Mac semakin menyenangkan. Sebuah Mac yang tertata rapi bagaikan sebuah ruang kerja yang teratur. Setiap barang yang dibutuhkan bisa ditemukan dengan mudah. Waktu juga tidak dihabiskan untuk mencari sebuah file yang terbenam di antara lautan file.

Ruang kerja ideal setiap orang berbeda-beda. Anda perlu bereksperimen untuk mencari sistem yang cocok dengan gaya kerja Anda. Berikut ini adalah kumpulan tips-tips yang bisa dijadikan sebagai referensi untuk mulai merapikan Mac Anda yang sudah berantakan.

1. Gunakan Struktur Folder Yang Jelas
OS X sudah memiliki struktur folder yang dibuat berdasarkan jenis file. Memiliki koleksi lagu? Simpan di folder “Music”. Membuat video? Simpan di folder “Movies”. Usahakan pembuatan folder tidak melebihi 2 tingkat. Memiliki struktur folder dengan tingkat kedalaman lebih dari 2 mempersulit penyusunan folder.

Semakin sedikit folder yang digunakan, semakin mudah mencari serta mengingat lokasi-lokasi file.

Kedalaman folder adalah sampai mana sebuah folder masih memiliki folder. Gambar di bawah memberikan gambaran kedalaman sebuah folder.
Struktur Tingkat Kedalaman Folder

2. Gunakan Penamaan File Yang Deksriptif
Penamaan file sebaiknya memiliki struktur “Category – Nama Deskriptif”. Memiliki penamaan dengan format demikian sangat efektif dalam membantu pencarian. Kategori biasanya digunakan untuk membedakan file-file yang berada dalam sebuah folder, misalnya folder “Notes” untuk file “TXT”. Pemberian nama harus selalu menggunakan hal-hal yang akan Anda ketik saat menggunakan Spotlight. Kata kunci merupakan faktor penting dalam pencarian, jadi coba pikirkan apa yang akan Anda ketik ketika ingin mencari file yang dimaksud.

Beberapa contoh penamaan adalah sebagai berikut:

Blogx – Cara Menghemat Baterai iPhone
Tugasx – Matdis Baru
Projectx – Dokumentasi Alam

Pencarian Kategori “Blogx” Melalui Spotlight
Gunakan kategori seperlunya saja. Anda seharusnya tidak membutuhkan lebih dari 6 kategori untuk mengatur file. Saya sendiri menggunakan kategori untuk jenis file teks karena merupakan file yang paling banyak dan sering dicari.

3. Susun Prioritas Dengan Label

Penamaan Pada Label
Salah satu fitur Finder yang sering dilupakan adalah pelabelan. Padahal kita bisa memantau tugas yang sedang dikerjakan dengan memanfaatkan label Finder dan Smart Folder. Gunakan 3 label dengan prioritas “Important”, “Later”, dan “Optional”. Kemudian berikan label ke dokumen yang bersangkutan dengan klik kanan dan pilih warna yang merepresentasikan status dokumen.

4. Hapus File Yang Tidak Dibutuhkan
Hapus file-file yang tidak dibutuhkan. Cara sederhana untuk menentukan sebuah file dibutuhkan apa tidak dapat dilihat dari kapan terakhir file tersebut digunakan. Apabila tidak digunakan selama 3 bulan terakhir, kemungkinan Anda memang tidak membutuhkannya.

Satu hal lagi yang perlu diingat. Simpan semua file sementara ke dalam folder “Downloads” apabila Anda tidak sempat mengatur file-file yang baru diterima. Anda bisa memutuskan file-file mana saja yang dibutuhkan sebelum dimasukkan ke folde pemyimpanan.

5. Desktop Hanya Untuk File Yang Dibutuhkan

Ada alasan mengapa desktop diberi nama demikian. Bagaikan meja kerja Anda, desktop sebaiknya hanya diisi dengan file-file yang sedang dikerjakan. Seperti dalam artikel mengoptimalkan Mac Anda, memiliki desktop yang bersih bisa mempercepat performa Mac. Setelah menyelesaikan pekerjaan yang sedang dikerjakan, simpan kembali dokumen-dokumen ke folder di mana mereka seharusnya berada. Meja Anda seharusnya juga rapi dan bersih sebelum pulang dari kantor bukan?

6. Finder Yang Bersih

Pengaturan Sidebar
Tidak semua item di sidebar Finder perlu ada di sana. Anda mungkin tidak butuh melihat “Connected servers” ataupun “Remote Disc”. Tahan Command kemudian tarik itemnya keluar dari Finder. Cara lainnya adalah dengan membuat pengaturan Finder dengan tekan Command+, saat Finder sedang aktif, kemudian pindah ke tab “Sidebar“. Anda juga bisa menghilangkan beberapa item yang muncul di desktop dengan berpindah ke tab “General”.

7. Sembunyikan Ekstensi File

Matikan “Show all filename extensions”
Tahukah Anda bahwa ekstensi “JPG”, “PNG”, ataupun “MP3” di bagian belakang file bisa disembunyikan. Anda dapat melakukannya dengan mematikan “Show all filename extensions” pada bagian pengaturan Finder di tab “Advanced“.

8. Pastikan Aplikasi di Dock Selalu Relevan

Aplikasi Sehari-hari di Dock
Dock adalah meja kerja kedua setelah desktop. Ia seharusnya adalah tempat di mana aplikasi-aplikasi yang digunakan sehari-hari berada. Jangan pernah masukkan aplikasi yang tidak pernah digunakan selama seminggu terakhir ke Dock. Anda akan merasa nyaman dengan Dock yang minimalis dan berguna daripada Dock yang dipenuhi dengan aplikasi-aplikasi dekoratif. Mengeluarkan aplikasi keluar dari Dock cukup sederhana. Tarik aplikasi ke luar Dock selama beberapa detik sampai muncul asap.

9. Jangan Jalankan Aplikasi Sampah

Hilangkan Aplikasi Yang Tidak Dibutuhkan
Tips ini sudah pernah dituliskan sebelumnya, tetapi saya merasa harus mengulanginya lagi. Jangan pernah jalankan aplikasi yang tidak berguna. Sering sekali aplikasi yang dipasang akan dijalankan secara otomatis pada saat Mac dibuka. Anda dapat melihat daftar aplikasi yang berjalan sendiri pada Users & Groups > Login Items. Hilangkan aplikasi yang tidak dibutuhkan dari daftar sana. Ini akan mempercepat startup Mac juga dan menghemat konsumsi RAM.

10. Sembunyikan Menu Bar Item Yang Tidak Dibutuhkan
Kadangkala aplikasi yang kita butuhkan akan menambahkan lambang di menu bar. Apabila lambang tersebut tidak menambahkan fungsi apapun, sebaiknya dihilangkan untuk membuat menu bar semakin bersih. Salah satu aplikasi yang sangat berguna dalam mengatur menu bar item adalah Bartender yang pernah kami ulas sebelumnya.

Bagaimana Cara Anda Mengatur Isi Mac?
Anda mungkin memiliki cara sendiri dalam mengatur isi Mac. Apabila Anda memiliki tips tambahan, silakan tinggalkan di kolom komentar.
Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Provider Berita - All Rights Reserved
Template Created by Mas Template
Proudly powered by Blogger